Hhmm, hampir 4.5 tahun Saya belajar di
Institut Pertanian Bogor, hampir 9 semester Saya menuntut ilmu di kampus hijau
ini, dan hampir selama itu pula Saya bercengkerama dengan orang-orang yang
membuat Saya berbeda dengan yang lainnya. Memang waktu tak terasa, dan waktu itu pula yang membuat
kita memiliki kenangan-kenangan yang indah dan bermakna bagi kita. Ibarat
sebuah pedang tajam, maka apabila kita tidak dapat memanfaatkan waktu dengan
baik, pedang itu akan menebas kita. Semoga Saya bukan termasuk dalam golongan
orang yang ditebas oleh pedang tersebut.
Ya, selama itu pula aku menikmati
perjalanan yang sangat panjang menuju Bogor atau menuju Malang. Bayangkan saja,
pernah Saya hampir 10 jam berdiri di dalam kereta karena penuhnya orang-orang
yang naik kereta. Tetapi inilah jalan yang harus ku tempuh untuk menempuh
perjalanan menuntut ilmu. Semoga suatu saat Allah SWT menggantinya dengan harga
yang sesuai.
Nama kereta yang Saya gunakan dan
menjadi idaman ‘kaum ekonomi bawah’ adalah MATARMAJA. Banyak kota dan banyak
stasiun yang sudah Saya jelajahi maupun yang Saya lewati. Dimulai dari stasiun Malang Kota Baru, tempat awal kereta
ini berangkat, lokasinya berada di dekat alun-alun kota Malang. Setelah stasiun
Malang Kota Baru, kita akan menuju stasiun
Kota Lama, stasiun Pakisaji, stasiun Kepanjen. Nah, terkadang Saya naik
atau turun dari kereta melalui stasiun ini, soalnya kakak Saya lebih mudah
menjemputnya, lebih dekat dari rumah. Setelah stasiun Kepanjen, kita menuju
stasiun Sumber Pucung, stasiun Wlingi,
dan stasiun Ngunut. Di ketiga stasiun ini terkadang kereta Matarmaja tidak
berhenti, mungkin tergantung penumpang kali yaa. Dan diantara stasiun Sumber
Pucung dan stasiun Wlingi, kita akan melewati dua buah lorong yang lumayan
panjang. Bayangkan saja, di lorong pertama itu sekitar 1 menit, dan di lorong
kedua sekitar 2 menit. Kalau kereta melaju dengan kecepatan 50 km/jam atau 0.83
km/menit maka panjang kedua lorong tersebut berturut-turut adalah 0.83 km dan
1.66 km. Wuih,lumayan panjang untuk ukuran lorong yang sangat gelap dan berada
di bawah bendungan Karangkates. Dan disini, bagai yang jarang melihat
pemandangan yang indah, inilah tempatnya, bagus banget. Ciptaan Tuhan gitu kali
ya.
Stasiun
Blitar merupakan stasiun besar pertama yang dilalui
oleh Matarmaja, di luar daerah Malang. Yang suka disini adalah pengamennya,
lagunya enak didengar dan kocak. Tapi setiap menyanyi orangnya itu-itu saja.
Setelah stasiun Blitar adalah stasiun
Tulungagung, hhmm tidak banyak yang bisa diceritakan disini, hanya
lokasinya berada di kabupaten Tulungagung. Setelah stasiun Tulungagung adalah stasiun Kediri, terletak di kota Tahu,
Kediri. Banyak orang-orang yang naik turun disini, entah kenapa, tapi terlihat
seperti kurang logis, padahal jarak Malang dan Kediri itu dekat, dan banyak
kereta lain, semisal Penataran yang menyajikan perjalanan antara Malang dan
Kediri. Hal ini menyebabkan orang-orang yang akan ke Jakarta melalui Malang,
akan kehabisan tiket. Karena tiketnya sudah diambil oleh orang-orang yang
menuju ke Kediri. Ya, tapi namanya penumpang, tidak bisa ditolak.
Stasiun
Kertosono adalah stasiun tujuan selanjutnya.
Kalau kita berangkat dari Malang pkl 14.00 WIB, maka biasanya sampai disini
ketika habis Maghrib. Dan stasiun ini adalah pertigaan jalan bagi
kereta-kereta. Ketika lurus ke arah kiri maka akan menuju Madiun, sedangkan
jika lurus ke arah kanan maka stasiun ini akan menuju Surabaya.
Setelah Kertosono adalah stasiun Nganjuk, stasiun Madiun. Inilah
akhir kereta ini melalui area Jawa Timur. Setelah itu adalah stasiun Klaten, stasiun Solo Balapan, stasiun
Semarang. Di semarang biasanya berhenti lumayan lama, dan tepat pada tengah
malam. Setelah itu adalah stasiun Pekalongan,
stasiun Brebes. Dan disini pula terakhir kita melewati Jawa tengah. Setelah
itu kita akan memasuki kawasan Jawa Barat, dan stasiun yang akan kita lewati
adalah stasiun Cirebon, pasa pada
waktu pagi hari sampainya. Orang-orang yang akan ke Jakarta, dan menghindari
macet, biasanya naik kereta Matarmaja, selain harganya yang murah. Setela itu
akan langsung menuju ke Jakarta,,dan stasiun
Pasar Senen adalah stasiun akhir yang dilalui oleh kereta api Matarmaja.
Disini kalau tidak telat, kita sampai pada pukul 09.00 WIB. Jadi perjalannan
kereta api Matarmaja sekitar 19 jam, waw 19 jam berada dalam kereta, haha. Dan
kota Jakarta adalah tujuan akhir dari kereta ini. Kota yang menyajikan
perekonomian yang sangat menwan.
Kita patut memberikan apresiasi yang
berlebih kepada PT KAI yang telah memberikan pelayanan yang sangat bagus untuk
mode transportasi orang-orang seperti Saya ini. Saat ini, harga tiket kereta
api Matarmaja telah naik 2x lipat. Tapi walaupun harganya naik, orang-orang
masih mencari dan membeli tiket untuk naik kereta ini. Wajar jika dibandingkan
dengan transportasi lain, maka tiket kereta api ini masih tergolong sangat
murah. Dan semakin tahun, pelayanan yang diberikan pun semakin meningkat.
Terima kasih, terima kasih, dan terima kasih atas tumpangan yang telah engkau
berikan wahai kereta api Matarmaja, telah menemani Saya baik itu pulang maupun
pergi menuju ke Bogor. Sangat indah.
Setelah sampai di stasiun Pasar Senen,
Saya langsung membeli tiket KRL menuju ke stasiun BOGOR. Kalau cepet dan tidak
ada kemaceta, kita akan tiba di stasiun Bogor sekitar pkl 12.00 WIB. Dan
setelah itu, Saya langsung menuju ke kampus IPB Darmaga naik angkot 03 dan
kampus dalam. Masing-masing tarifnya Rp 3.000,00. Oleh karena itu, untuk menuju
ke Bogor dari Malang naik kereta apai, maka Saya pastikan harganya tidak
melebihi dari Rp 150.000,00. So, selamat mencoba.
11 komentar:
wah, info yang sgt membantu sekali~ :3 soalx saia dari malang mau ke bogor gak tau mau naek apa~ belum pernah ke bogor sama sekali~ hehe~ :p kalo dr stasiun bogor itu mau ke kabupaten bogorx naek apa ya? :3 makasih~
kalo dari stasiun Bogor naik angkot 08 jurusan pasar anyar-citeureup ke Kabupaten bogor : masama-
Cerita yg memberikan pelajaran, thanks
Dari senen ke cisarua naik apa?
Wah keren kak.. ceritanya.. btw nama kita samaan persis nih. Hehe
Naik Bus APTB dari senen ke bogor (ciawi), nah terus tinggal naik angkot yg bertuliskan cisarua.
Saya ada perlu di cibinong paling lambat hari Sabtu pagi jam 10.00. Dari malang besok jumat siang, cocoknya naik apa ya biar sampai tujuan tepat waktu dan biaya murah. Tksh
Mas, kereta dari malang ke Bogor jam berapa ya?
Mas, beli tiket ke bogornya di stasiun pasar senen kan?
Mas, beli tiket ke bogornya di stasiun pasar senen kan?
Mas, beli tiket ke bogornya di stasiun pasar senen kan?
Posting Komentar